Jumat, 22 Maret 2013


A.    DEFINISI SKIN PUNCTURE
Skinpuncture  adalah suatu metode pengambilan spesimen darah dengan cara melakukan tusukan kulit yang dapat digunakan untuk pemeriksaan tes hemoglobin, tes hematokrit, tes glukosa darah.
B.     INDIKASI
Indikasi dilakukannya skinpuncure pada anak-anak:
Pada anak-anak skinpunture menjadi metode pilihan untuk tes yang memerlukan volume sampel yang kecil. Karena venipuncture pada anak-anak sering menyebabkan traumatis dan juga adanya risiko cedera pada anak-anak. Selain itu, anak-anak memiliki volume darah yang sangat kecil. Pengambilan darah dalam jumlah kecil dilakukan untuk menghindari terjadinya anemia. 
Indikasi dilakukan skinpuncture pada dewasa:
Pada orang dewasa skinpuncture dilakukan apabila vena sulit ditemukan,vena digunakan untuk keperluan lain seperti dilakukannya kemoterapi,dan ketika pasien memiliki kecenderungan thrombosis.
C.     ALAT DAN BAHAN
1.      Lancet steril
2.      Alkohol 70%
3.      Kapas
4.      Tabung penampung ukuran mikro
D.    LOKASI PENGAMBILAN
Lokasi  pengambilan  skinpuncture pada anak dan  orang dewasa yaitu ujung jari tangan (fingerstick) atau anak daun telinga. Pada ujung jari tangan yang dianjurkan untuk diambil adalah pada jari telunjuk, jari tengah dan jari manis. Tetapi utamakan dulu penusukan pada jari tengah. Karena jari telunjuk terlalu tebal dan jari kelingking terlalu tipis. Pada anak daun telinga jika dilakukan penusukan akan tidak terasa begitu sakit, tetapi lebih sukar dihentikan perdarahannya. Maka dari itu orang yang mempunyai masalah dengan perdarahan tidak dianjurkan untuk diambil pada lokasi ini.
Yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi penusukan untuk skinpuncture yaitu lokasi pengambilan tidak boleh menunjukkan adanya gangguan peredaran, seperti vasokonstriksi (pucat), vasodilatasi (oleh radang, trauma, dsb), kongesti atau sianosis setempat.
E.     TINDAKAN YANG DILAKUKAN SEBELUM MELAKUKAN SKINPUNCTURE
1.      Menyapa dan Identifikasi Pasien
Konfirmasi pasien pertama dan terakhir nama. Minta pasien untuk mengeja  namanya,jikadiperlukan.
Jika seorang pasien tidak sadar, terlalu muda, mental tidak kompeten, mintalah seorang atau teman, kerabat untuk mengidentifikasi pasien dengan nama dan alamat. Pastikan bahwa nama pasien cocok dengan lembar permintaan pemeriksaan. 
2.      Pasang perlengkapan
Pilih dan mengatur semua perlengkapan yang diperlukan untuk menggambar ini. Memanfaatkan khusus tabung koleksi mikro dirancang untuk digunakan dengan tusuk kulit. Pastikan tabung ekstra dalam jangkauan. Buka paket untuk kasa pad dan persiapan alkohol

3.      Cuci tangan dan memakai sarung tangan

4.      Posisipasien mintalah  pasien untuk duduk  nyaman  dikursi. Jika pasienya adalah anak-anak
 Anda mungkin perlu orang tua atau wali untuk menahan anak di kursi

5.       Yakinkan pasien.
Phlebotomist harus meyakinkan pasien bahwa, meskipun fingerstick / heelstick akan sedikit menyakitkan, itu akan menjadi durasi pendek. Bijaksana untuk memberitahu pasien ketika lanset memasuki kulit sehingga pasien tidak takut. Jangan pernah memberitahukan pasien, "Ini tidak akan terluka." 

6.       Pilih lokasi
Sisi permukaan tumit, untuk bayi kurang dari satu tahun.
Permukaan sisi jari manis untuk anak-anak yang lebih tua dan orang dewasa. 

F.      PROSEDUR SKINPUNCTURE
1.      Bersihkan lokasi jari yang akan diambil dengan kapas alkohol, biarkan alkohol benar-benar kering sebelum dilakukan penusukan karena alkohol menyebabkan hemolisis. Kesalahan dalam penentuan glukosa darah disebabkan oleh kontaminasi dengan alkohol. Betadine tidak boleh digunakan untuk membersihkan dan mensterilkan-tusuk situs kulit. Darah yang terkontaminasi dengan betadine palsu dapat meningkatkan kadar kalium, fosfor, atau urat asam. 
2.      Urut jari yang akan ditusuk, lakukan penusukan dengan gerakan cepat tetapi tetap, sehingga terjadi luka yang dalamnya 3mm
3.      Hapus darah yang pertama kali keluar dengan kapas kering
4.      Tekan dengan lembut untuk membuat darah keluar. 
5.      Pegang tabung microcollection pada sudut bawah horisontal dengan lubang atas dari setetes darah dengan koleksi-tabung mikro dan memungkinkan jumlah yang diinginkan darah mengalir ke tabung. 
6.      Tutup lokasi pengambilan dengan Band-Aid 
7.      Pelabelan pada specimen
8.      tBuang sarung tangan dan cuci.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Woyy daftar Pustaka mana :D

Posting Komentar

MY TWITTER

MEMBERS

TIMEE

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

About

My name is asti. I'm 19 old Welcome to my blog and thank you for visit. God bless

Blogger templates

Blogger news

FLAG COUNTER

Flag Counter