Jumat, 22 Maret 2013

Buffer adalah zat yang dapat mempertahankan pH ketika ditambah sedikit asam/basa atau ketika diencerkan. Buffer memiliki dua macam : asam lemah dan garamnya atau basa lemah dan garamnya. Buffer dalam tubuh manusia adalah darah. Jika darah tidak memiliki bufer maka ketika minum jus jeruk yang kecut, tubuh kita dapat mengalami asidosis ( pH darah asam).
Larutan penyangga atau dikenal juga dengan nama larutan buffer adalah larutan yang dapat mempertahankan nilai pH apabila larutan tersebut ditambahkan sejumlah asam atau basa maupun diencerkan dengan menambahkan sejumlah volume air.
Berdasarkan komponennya larutan penyangga terbagi menjadi dua yaitu larutan penyangga yang bersifat asam dan larutan penyangga yang bersifat basa.
Larutan penyangga memiliki fungsi antara lain : 1) Penerapan konsep larutan penyangga ini dalam tubuh manusia seperti pada cairan tubuh. 2) Menjaga pH pada plasma darah agar berada pada pH berkisar 7,35 – 7,45. 3) Menjaga pH cairan tubuh agar ekskresi ion H+  pada ginjal tidak terganggu. 4) Menjaga makanan olahan dalam kaleng agar tidak mudah rusak/teroksidasi(asam benzoat dengan natirum benzoat). 5) Selai itu penerapan larutan penyangga ini dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari seperti pada obat tetes mata.
Meskipun Hemoglobin penting untuk transport oksigen ke jaringan. Hemoglobin masih melakuikan fungsi utama lain yang penting untuk kehidupan. Ini adalah fungsi sebagai suatu sistem “Buffer Oksigen” yaitu Hb di dalam darah, terutama bertanggung jawab untuk mengatur tekanan oksigen didalam jaringan.
Fungsi Buffer Oksigen ini juga sangat penting bila tekanan oksigen alveolus turun sangat rendah, itu terjadi seperti disaat kita berada dalam suatu tempat yang memiliki tekanan udara yang sangat tinggi, atau bila seseorang bernafas dengan oksigen murni.

0 komentar:

Posting Komentar

MY TWITTER

MEMBERS

TIMEE

About Me

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

About

My name is asti. I'm 19 old Welcome to my blog and thank you for visit. God bless

Blogger templates

Blogger news

FLAG COUNTER

Flag Counter